Get Adobe Flash player

Gallery

img_2891 img_3188 kopi-luwak-di-inul-yogyakarta teysa-cafe-malang-warung-kopi-luwak warung-kopi-luwak-at-liquit-resto2 cowo2-kesepian

Cita Rasa Tinggi dari Aroma Kopi Luwak Asli Yang Khas

Bagi masyarakat awam, mungkin akan sangat sulit membedakan antara kopi luwak asli dengan kopi luwak yang reguler. Sebagian kecil ditemukan bahwa beberapa kedai kopi menawarkan kopi-kopi jenis reguler yang dicap dengan mudahnya sebagai kopi luwak, dan tidak heran apabila beberapa kedai juga berani melakukan pengoplosan kopi luwak dengan kopi reguler dengan persentase dibawah standar. Jadi apabila konsumen terkecoh dalam membeli kopi oplosan tersebut, sama saja dengan hanya membeli kopi jenis reguler biasa, namun dibeli dengan harga setara dengan kandungan kopi luwak 80% misalnya. Sudah sepantasnya para konsumen mengetahui dan mengenal kopi seperti apa yang dapat dikatakan sebagai kopi luwak yang asli maupun bukan, serta kopi luwak yang mana yang kandungannya lebih dari 60%.

Kopi Luwak Asli

Mempertahankan cita rasa kopi luwak asli mungkin sudah sangat sulit, bahkan di Sumatera sendiri hal tersebut juga dipandang sulit. Hal ini disebabkan oleh populasi luwak atau sejenis musang yang sudah sangat jarang ditemui, padahal berkat luwak bijih kopi yang sudah matang di pohon menjadi kopi luwak dengan kualitas tinggi. Hanya luwak yang mampu membedakan antara kopi luwak yang asli maupun bukan, jadi jangan heran ketika konsumen berkunjung ke salah satu kedai kopi serta mendapati kopi biasa yang dicap sebagai kopi luwak yang asli. Hal pertama yang dilakukan apabila ingin membeli kopi luwak yang berstandar asli serta dapat dipertanggungjawabkan keasliannya, mulailah dengan membeli di toko-toko yang memiliki seritifikasi nasional mengenai kopi luwak itu sendiri.

Harga yang mahal pun bukan menjadi jaminan bahwa kopi luwak tersebut termasuk kopi luwak asli atau bukan, hanya para produsen yang memegang izin produksi dan penjualan kopi bersetifikasilah yang dapat menjadi acuan bagi produk kopi luwak menjadi lebih berkembang. Mungkin bagi para kalangan penikmat kopi luwak sudah sangat hafal dengan cita rasa dan aroma yang dihasilkan oleh kopi luwak, tetapi untuk membedakan ciri-ciri fisik sangatlah sulit, dan ketika produk tersebut beredar dipasaran, semua kemasan akan terlihat sama. Pada dasarnya keseluruhan produk kopi bubuk memiliki ciri khas fisik yang sama, berwarna hitam serta bearoma kopi yang menyengat. Hal tersebut yang menimbulkan kesulitan bagi para konsumen untuk lebih memfokuskan diri untuk membedakan yang mana kopi asli dan bukan.

Akan lebih mudah ketika membedakan kopi luwak asli dengan yang palsu adalah pasa saat masih dalam berbentuk biji dan akan segera digoreng. Dari segi bentuk fisik biji, kopi luwak memiliki warna agak kekuningan-kuningan, dikarenakan proses fermentasi lanjutan didalam tubuh luwak. Kemudian kulit ari pada kopi luwak akan mudah sekali terlepas, dan yang terpenting lagi adalah bentuk bundar dan lonjong bijih kopi luwak yang sempurna merupakan bentuk asli dari kopi luwak. Hal ini dikarenakan musang hanya memakan bijih-bijih kopi terbaik dan berkualitas, baik dari bentuk fisik maupun aromanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'